CMAMataramCreatorMudaMataram

MAARIF Institute Gelar Creator Muda Academy di Pulau Seribu Masjid

CMA Mataram, Berita.OR.ID –

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan terus mendorong upaya pencerdasan bangsa melalui program literasi. 

CMA Mataram | Yang terbaru, Kemendikbud menyiapkan sejumlah tablet untuk menunjang proses belajar-mengajar berbasis digital di sejumlah sekolah. Upaya literasi digital penting dilakukan mengingat dalam era disrupsi seperti sekarang ini, hal-hal negatif yang dapat menyebabkan disintegrasi bangsa seperti fitnah, hoax, ujaran kebencian, dan pelintiran kebencian lumrah ditemui di berbagai aplikasi yang dapat diakses dengan mudah melalui ponsel pintar. Celakanya, hal ini berimbas kepada fragmentasi otoritas di berbagai lini kehidupan. Para ahli yang menekuni disiplin keilmuan tertentu, dengan mudah tergeser oleh mereka yang tampil dan menjadi selebriti di media sosial.

Sebagai bentuk kepedulian dan aksi nyata dari kalangan masyarakat sipil, MAARIF Institute bekerjasama dengan Peace Generation, Cameo Project, Love Frankie, dan Yayasan Ruang Guru menggalakkan literasi digital bertajuk Creatormuda Academy. Sebuah platform pembelajaran dan advokasi offline untuk siswa SMA/sederajat tentang Keindonesiaan, Keragaman, dan Literasi Media. Program ini menyasar 10 kota mulai dari Jakarta, Yogyakarta, Malang, Semarang, Manado, Makassar, Pontianak, Padang, Mataram, dan Bandung.

“Creatormuda Academy di Kota Mataram akan mempertemukan 270 pelajar SMA/sederajat se-Nusa Tenggara Barat untuk mengikuti sesi Mading Talks. Sebuah sesi yang bertujuan mengungkap masalah-masalah kekinian di Indonesia dan memetakan peran apa saja yang bisa dimainkan oleh anak muda.

Pada sesi berikutnya, 50 orang peserta terbaik berkesempatan mengikuti sesi Bootcamp yang akan diisi dengan pelatihan membuat konten positif ditemani para pelatih yang berpengalaman di bidang menulis, desain grafis, fotodan videografi. Pelatihan tersebut akan bermuara kepada produksi konten di madingsekolah.id, platform yang kami sediakan,”ujar Khelmy K. Pribadi, Direktur Program MAARIF Institute.

Berita.or.id #BeritaNasional #CMAMataram #CMANTB #BeritaNasional

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker